Pages

Minggu, 19 Desember 2010

Internet Alternatif Travel Agent jaman dulu

Sesuai janji saya di blog sebelumnya saya akan menceritakan koneksi internet alternatif untuk travel agent jaman dulu. Jaman dulu..? maksudnya beberapa tahun yang lalu.

Pada waktu itu koneksi internet masih dikuasai oleh dial up telkom. Memang ada sih, jenis yang lain tapi hanya ada dikota besar sedangkan yang dikota kecil belum ada. itupun biaya bulanan mencapai jutaan rupiah pantas saja hanya travel agent besar yang mampu berlangganan.

Saya pernah diminta saran oleh teman saya yang punya usaha travel agent di kota kecil jawa timur mengenai biaya internetnya yang mencapai Rp. 2 juta / bulan. Apa tidak ada yang lebih ringan?. Koneksi  internet yang dipakai adalah dia up telkom. Biaya segitu memang wajar pada saat itu tapi mutu koneksi yang didapat susah masuknya dan sering putus sendiri. Memang sih, infrastruktur yang ada memang tidak selancar yang dikota besar.

Setelah saya tanya sana sini saya temukan koneksi internet lainnya. Saya coba membeli FWP CDMA. FWP  berwujud telepon rumah yang ada antena kecilnya tapi hanya bisa memakai kartu CDMA. Seingat saya tidak ada merknya tapi pakai chipset quallcomm buatan cina. Harganya saya beli masih Rp. 1,4 juta. Contoh gambarnya  kayak begini :

Langsung saja saya pasang kartu FREN. Yang saya tahu pada saat itu biaya internetnya fren mencapai Rp. 5/kb dan bisa diakses di kota-kota kecil asal ada sinyal. Untuk meminimalisir biaya penggunaan internet  saya larang keras penggunaan internet selain hanya untuk reservasi tiket. Kebetulan sekali system rservasi yang ada masih berbasis text sederhana tidak seperti sekarang ini yang berbasis web.

Setelah dicoba menggunakan isi ulang pulsa biasa biayanya turun drastis. Dari Rp. 2 juta/bulan turun menjadi Rp. 400 ribu/bulan. Itupun kita bisa panceng terus berjam-jam karena tidak berbasiskan waktu. Langsung saya jadi pahlawan pada waktu itu he..he..he..

Berita tersebar dengan cepat ke travel agent yang lain. Dalam kurun waktu 1 tahun saya bisa menjual 35 unit. Fantastis. Malah ada yang beli 2-3 unit per travel agent. Tapi koneksi ini juga mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa konek dengan ABACUS. Untuk bisa konek dengan ABACUS saya menggunakan VPN terlebih dahulu dengan salah satu provider internet yang saat itu bekerja sama (promo) dengan FREN

2 komentar:

Cash Back PTC mengatakan...

wow sungguh berita yg bagus kawan..ane baru tahu jenis2x internet lama kayak gitu ya!

Om Allvhan mengatakan...

He3x iya mas.., koneksi internet 5-7 tahun yang lalu memang begitu kondisinya. Thanks mas.., commentnya

Posting Komentar