Pages

Kamis, 25 November 2010

Reset Drum MFP Panasonic KX-MB271 dan KX-MB2010CX

          Lagi lagi.., ketemu masalah reset printer Laser. Ceritanya begini, kantornya keponakan saya sudah dua bulan ini memakai Panasonic KX-MB2010CX. Pertimbangannya, unit tersebut bisa buat ngeprint Laser, Copy dan bisa Scan ADF. Tahukan arti ADF? Automatic Document Feeder. Maksudnya bisa menscan beberapa puluh document sekaligus dalam sekali klik.  Fitur ini yang dicari. Ada juga  merk lainnya tapi lebih mahal.

Nahh.., setelah pemakaian 2 bulan, isi toner sudah habis minta diganti. Setelah saya ganti dengan toner baru original, di LCD printer keluar tulisan  "THE DRUM LIFE IS NEAR TO THE END. REPLACE THE DRUM UNIT AS SOON AS POSSIBLE".  Karena saya dianggap paling ngerti soal computer dan konco konconya, mereka meminta tolong kepada saya. Sedangkan saya sendiri juga bingung kok bisa keluar tulisan itu ya..? masak 2 bulan pemakaian sudah harus ganti Drum unit? Saya cek harga Drum unit di dealer resmi panasonic mencapai 1 juta rupiah. Mahal amat..? Berarti setiap 2 bulan harus beli? wa..wa..wa..., ini harus cari info dulu nih.., Setelah tanya sana sini nggak ada yang tahu, maklum jarang yang punya unit ini. Tanya mbah google akhirnya ketemu juga maksudnya.
          Drum unit tersebut ternyata mempunyai counter untuk menghitung berapa banyak kertas yang telah di pakai. Kayaknya counter tersebut sudah penuh dan mesti di RESET untuk menjadi nol.  Caranya begini : 
     1.  Matikan printernya dulu. Tunggu hingga dingin.
     2.  Lepas / tarik cartridge tonernya maka drum unit juga ikut terlepas.
     3.  Di sisi kiri ada roda gigi warna putih untuk memutarkan drum unit. Dibawahnya lagi ada  
          semacam kayak baut yang berputar mengikuti gerakan roda gigi putih. Jangan kuatir 
          cuman ada satu kok 
     4.  Ambil obeng min atau tespen putarkan baut tersebut perlahan berlawanan arah jarum jam 
          hingga berbunyi klik kecil.

     5.  Pasangkan kembali unit toner tersebut dan nyalakan printernya. Tulisan warning di LCD 
          pasti hilang

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo kx-fa83

Anonim mengatakan...

kalo untuk kx-fa83 gimana gan ..???
mohon petunjuknya ...

Posting Komentar